Pilih Mobil Matic atau Manual, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


JAKARTA, EN.BADAKSATU.COM – Bagi sebagian orang yang akan membeli kendaraan, mungkin akan bingung apakah memilih mobil matic atau manual. Keduanya memiliki karakteristik berbeda dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Read More

Lantas, manakah yang lebih unggul mobil matic atau manual? Sebelum menentukan jawaban, ada baiknya simak dulu perbandingan antar keduanya. 

Apa saja itu? Berikut perbandingan mobil matic atau manual: 

1. Performa dan Kenyamanan 

Dari segi performa, mobil manual cenderung lebih bertenaga daripada mobil matic. Di samping itu, dengan mobil manual pengemudi bisa mengatur sendiri akselerasi yang diinginkan sehingga lebih responship. 

Mobil manual juga rata-rata memiliki lebih banyak percepatan, lima untuk maju ke depan dan satu untuk mundur (R) ke belakang. Bahkan, ada yang memiliki 7-percepatan tergantung dari jenis mobil 

Di sisi lain, mobil matic lebih praktis dan nyaman, karena tak perlu repot-repot menginjak kopling saat akan memindahkan gigi. Tak heran, menyetir mobil matic lebih mudah dan tidak cepat lelah seperti mengendarai mobil manual. Ini sangat terasa saat melalui kondisi jalan macet, atau menanjak. 

Read More :  Karpet Mobil Penyebab Kecelakaan, Berikut Cara Hindarinya

2. Konsumsi Bahan Bakar 

Bicara soal konsumsi bahan bakar, mobil manual sebenarnya lebih hemat bahan bakar, karena perputaran transmisi manual tidak seberat perputaran transmisi otomatis. Mesin manual tidak memerlukan banyak bahan bakar untuk bekerja ekstra. 

Sebaliknya, mobil matic lebih boros bahan bakar. Ini karena putaran mesin yang lebih sering diatur oleh sistem kendaraan. Adanya Torque Conventer menjadi penyebab tingginya tingkat RPM pada mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Itulah mengapa bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak. 

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:




Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.