Begini Mekanisme Penindakan Tilang Elektronik Menggunakan Ponsel

Begini Mekanisme Penindakan Tilang Elektronik Menggunakan Ponsel
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


Read More

EN.BADAKSATU.COM, Jakarta – Polri mulai menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menggunakan ponsel milik anggota kepolisian atau disebut dengan ETLE Mobile. Tilang elektronik berbasis ponsel ini akan hanya akan menindak pelanggaran lalu lintas yang bersifat tematik.

“Pelanggaran yang bisa diambil kamera ETLE Mobile ini hanya pelanggaran-pelanggaran yang kasat mata, yang pembuktiannya tidak terlalu rumit, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, dan masa berlaku pelat nomornya yang sudah habis,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, dikutip dari EN.BADAKSATU.COM hari ini, Kamis, 2 Juni 2022.

Terkait mekanisme dan SOP penindakan ETLE Mobile ini, menurut Aan, sama dengan mekanisme penindakan ETLE statis. Nantinya gambar pelanggaran yang telah diambil petugas kepolisian akan dikirimkan ke back office (admin) yang ada di tingkat polres maupun polda.

Read More :  Aplikasi Scanner Android OBD2 Terbaik, Efektif Optimalkan Kinerja Mobil!

“Setelah dikirim ke admin, akan langsung diproses. Kemudian akan diterbitkan surat tilang,” jelas Aan.

Aan memastikan bahwa ETLE Mobile ini akan dijalankan secara profesional. Tidak semua petugas kepolisian bisa melakukan pengambilan gambar pelanggaran lalu lintas.

“Tidak semua anggota juga menggunakan bisa menindak dengan ponsel atau bisa meng-capture. Jadi ada petugas tertentu yang sudah memiliki kualifikasi sebagai penyidik pembantu atau penyidik,” ucap Aan.

Korlantas Polri akan memberlakukan ETLE Mobile ini secara profesional melalui petugas kepolisian yang berkompeten dan berkualifikasi penyidik serta penyidik pembantu.

“Petugas sudah mempunyai surat perintah tugas untuk mengoperasionalkan kamera ini. Di samping itu, ponsel anggota yang ditugaskan tercatat IME-nya,” ujar dia.

Baca juga: Tilang Elektronik Bisa Pakai Handphone Polisi, Namanya ETLE Mobile



Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.