Kemenkominfo siapkan sistem siaran digital 113 wilayah “blank spot”

ASO Jabodetabek rampung, Kemenkominfo targetkan kota besar lain
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru



Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2023 menyiapkan program untuk menghadirkan sistem siaran televisi digital atau disebut Digital Broadcasting System (DBS) di 113 wilayah “blank spot” yang sebelumnya tidak dapat terjangkau oleh layanan siaran televisi analog.

Read More

“Di 113 wilayah ini kita sudah programkan nanti namanya Digital Broadcasting Sytem (DBS). TVRI sudah diprogramkan nanti akan ada (pembangunan infrastruktur) di 256 lokasi lagi,” kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia di Jakarta, Jumat.

Adapun wilayah “blank spot” mengacu pada daerah-daerah yang sebelumnya hanya bisa mengakses siaran televisi melalui layanan parabola dan TV berlangganan.

Menurut Gery, kondisi itu tentunya mengharuskan masyarakat di wilayah “blank spot” merogoh kocek yang cukup dalam karena harus memiliki infrastruktur yang mahal.

Pemerintah Indonesia pun sebelumnya sudah membahas potensi kerjasama dengan pemerintah luar negeri seperti Perancis terkait pengadaan Digital Broadcasting System (DBS).

Read More :  Klaim Biar Mabar Makin Seru, Rebut Kode Redeem Genshin Impact 14 April 2022

Hal itu dibicarakan dalam pertemuan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht pada Rabu (21/9).

Menkominfo menyebutkan bahwa teknologi DBS sudah disiapkan untuk bisa dikerjakan lewat kerjasama Perancis dan Indonesia serta sudah memasuki tahapan pembahasan teknis untuk akhirnya menuju ke persetujuan kontrak kerjasama.

Pemerintah Indonesia di tengah transformasi digital juga mengupayakan agar siaran digital secara nasional bisa terimplementasi dengan baik.

DBS merupakan salah satu cara Pemerintah untuk menghadirkan siaran televisi digital yang lebih merata bagi masyarakat di Indonesia.

Selain DBS, Kementerian Kominfo juga melakukan program Analog Switch Off (ASO) yang mengharuskan masyarakat beralih ke layanan siaran televisi digital dari siaran televisi analog.



Analog Switch Off hingga Jumat (23/9) tercatat sudah terjadi di 18 wilayah siaran televisi, pada 5 Oktober disiapkan kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) juga akan menyambut ASO.

Secara nasional, ASO akan berlangsung pada 2 November 2022 mengikuti regulasi yang telah disepakati oleh para seluruh pemangku kebijakan.

Read More :  Plat AD Kota Apa? Simak Daftar Plat Nomor Kendaraan Motor di 34 Provinsi dan Kode Wilayah

Baca juga: ASO Jabodetabek rampung, Kemenkominfo targetkan kota besar lain

Baca juga: ASO Jabodetabek resmi berlangsung 5 Oktober 2022

Baca juga: Kemenkominfo sebut ASO penting untuk efisiensi frekuensi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.