Zat Asam Terkuat di Bumi Sangat Berbahaya, Ini 5 di Antaranya!

Zat Asam Terkuat di Dunia Sangat Berbahaya, Ini 5 di Antaranya!
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


Zat asam terkuat di dunia bisa sangat berbahaya. Sehingga, Anda harus waspada ketika bertemu dengan zat asam yang terkuat di dunia tersebut. Bagaimanapun juga zat asam itu bisa saja melukai Anda.

Read More

Dalam dunia kimia, zat bisa terbagi ke dalam dua jenis, yaitu zat asam dan juga basa. Kedua zat ini tentu saja sangat berbeda, apalagi dari segi kandungannya.

Hal yang paling mudah untuk membedakan zat asam dan basa adalah pH mereka. Zat asam memiliki pH di atas 8, sedangkan basa sebaliknya.

Tentu saja tingkat keasaman zat asam tersebut juga berbeda. Beberapa dari mereka memiliki tingkat asam yang tinggi.

Read More :  Lima Tantangan Cegah Pencemaran Sampah Plastik di RI

Baca Juga: Pengertian Fasa Zat, Apa Saja Jenis-jenisnya? Ini Dia Penjelasannya!

5 Nama Zat Asam Terkuat di Dunia

Dalam kimia, zat asam memiliki arti sebagai senyawa kimia yang menerima elektron atau menyumbangkan dan memisahkan ion hidrogen atau proton.

Setiap zat asam memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Tingkat keasaman ini akan sangat bergantung pada kemampuannya memisahkan ion hidrogen.

Semakin tinggi ion hidrogen, maka larutan akan semakin asam. Ada beberapa zat asam dengan kadar asam tertinggi sehingga menjadi yang terkuat di dunia, yaitu sebagai berikut.

Asam Fluoroantimonat

Secara teknis, Asam Fluoroantimonat merupakan jenis asam dengan komponen terkuat dari semua asam yang ada berdasarkan nilai fungsi keasaman Hammett.

Asam Fluoroantimonat tercipta dengan mencampur hidrogen fluorida dengan pentafluorida antimon dengan rasio 2:1. Reaksi tersebut akan bersifat eksotermis.

Fungsi asam ini pada industri petrokimia adalah untuk memisahkan metana dan H2 dari neopentana dan isobutana.

Baca Juga: Pengertian Zat Tunggal Dalam Kimia yang Terdiri dari Unsur dan Senyawa

Read More :  Kominfo: Hati-hati dengan Data Pribadi

Asam Karboran Terfluorinasi

Salah satu anggota Asam Karboran Terfluorinasi adalah asam Fluorinated Carborane. Asam Karboran Terfluorinasi teridentifikasi pada tahun 2007 dan menjadi salah satu zat asam terkuat di dunia.

Fluorinated Carborane menjadi satu-satunya asam yang dapat mentransfer ion hidrogen karbon dioksida untuk menghasilkan kation.

Asam Perklorat

Selanjutnya ada Asam Perklorat yang termasuk jenis asam Bronsted Lowry terkuat. Asam ini memiliki sifat pengoksidasi kuat dan sangat korosi.

Tidak seperti jenis asam lainnya, Asam Perklorat tidak rentan terhadap hidrolis dan mudah diatur namun eksplosif. Jenis Asam ini bermanfaat untuk bahan bakar roket modern.

Asam Fluorosulfat

Asam Fluorosulfat juga terkenal dengan nama asam sulfurflorida. Ini merupakan asam komponen tunggal terkuat kedua yang ada saat ini.

Warna khasnya adalah kuning dan tentu sangat korosif dan beracun. Biasanya Jenis Asam Fluorosulfat berguna untuk mengalkilasi hidrokarbon dengan elkana dan isomerisasi alkana, serta untuk etsas atau seni kaca.

Baca Juga: Elastisitas Zat Padat serta Besaran Elastisitas Suatu Benda

Read More :  Flife Luncurkan Produk Baru Berkonsep Milenial, Incar Kalangan Perempuan

Asam Triflic

Pertama kali teridentifikasi pada tahun 1954 oleh seorang ahli ilmiah Inggris, Robert Hazeldine, asam ini terkenal karena stabilitas kimia dan termalnya yang luar biasa.

Asam Triflic tidak rentan terhadap oksidasi dan berguna dalam banyak protonasi dan titrasi atau analisis kuantitatif komposisi kimia.

Seperti zat asam terkuat di Bumi lainnya, Asam Triflic juga sangat berbahaya. Jika terkena kulit dapat menyebabkan luka bakar parah atau kerusakan jaringan. (R10/HR-Online)

Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.