Perkembangan Era Digital Menimbulkan Tantangan Budaya

Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


JAKARTA, EN.BADAKSATU.COM – Hoaks adalah dampak buruk dari informasi palsu yang dapat memecah persatuan bangsa. Oleh karena itu, kecakapan digital dalam memilah informasi sangat dibutuhkan. 

Read More

Cakap digital berarti mengetahui, memahami, dan mampu menggunakan perangkat keras dan lunak, bisa berkomunikasi di media sosial, dan bertransaksi dengan dompet digital serta di lokapasar. Saat ini banyak sekali aplikasi percakapan dan platform media sosial. 

Demikian juga dengan dompet digital. Lalu apa dampaknya luapan informasi ini? Dampaknya bisa memecah belah persatuan, hilangnya rasa percaya, munculnya perundungan siber, dan tingginya kasus pencemaran nama baik. 

Di sisi lain, berkembangnya era digital menimbulkan tantangan budaya seperti kebebasan ekspresi yang kebablasan, tipisnya kesopanan, kurangnya toleransi, kaburnya wawasan kebangsaan, hilangnya budaya Indonesia, hilangnya batas privasi, dan risiko dilanggarnya hak cipta dan hak intelektual. 

Sebaiknya, saat menjadi warga digital, netizen dituntut bisa berpikir kritis; meminimalkan unfollow, unfriend, dan block; serta kolaborasi atau gotong-royong. “Dunia digital adalah dunia kita sekarang, tempat belajar dan berinteraksi, tempat anak-anak kita tumbuh kembang, sekaligus tempat dimana kita sebagai bangsa hadir bermartabat. Mari mengisinya dengan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya,” kata Relawan Mafindo Sulawesi Selatan Erwin Saputra.

Read More :  Penuhi Kebutuhan Pembelajaran, Edigy Luncurkan Platform Digital

Menurut E Rizky Wulandari, dosen Ilmu Komunikasi, dalam bermedia sosial, ada cara-cara agar bisa tetap menghargai orang lain, misalnya tidak mengabaikan sopan santun, terima perbedaan pada setiap orang, mau menyimak, dan sadari batasan.

“Bagaimana cara menanggapi perbedaan opini netizen? Kenali apa yang diperdebatkan, hargai juga pendapat orang lain, jangan buru-buru emosi, gunakan bahasa yang sopan, serta jangan sebarkan hoax,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:









Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.