Jajaki Kerja Sama dengan Australia, Jatim Siap Ekspor Manggis dan Kakao

Jajaki Kerja Sama dengan Australia, Jatim Siap Ekspor Manggis dan Kakao
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru



EN.BADAKSATU.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menjajaki kerjasama dengan IA-CEPA ECP Katalis yang berasal dari Australia. Rencananya, Jatim akan melakukan ekspor di sektor holtikultura, yakni buah manggis dan kakao

Read More

IA-CEPA ECP Katalis adalah program pengembangan perdagangan dan investasi unik yang didukung pemerintah untuk membuka potensi besar kemitraan ekonomi antara Indonesia dan Australia. IA-CEPA ECP Katalis sendiri memiliki tujuan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi yang memberikan keuntungan bagi kedua negara serta mampu mengubah strategi bussiness-first menjadi aksi.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, ada lima tropical fruit potensial yang sedang dipelajari agar bisa masuk ke pasar Australia. Saat ini, Jatim sendiri sedang mempelajari persyaratan, aturan maupun akses pasarnya. 

“Alhamdulillah dari kelima tropical fruit dimulai dari manggis dan kakao. Keduanya membuka peluang studi agar Jatim bisa mendongkrak ekspor,” kata Emil, Kamis (11/8/2022).

Read More :  Hyoshii Farm Hadirkan Buah Stroberi Premium, Satu Kotak Isi 9 Sukses Dilelang Rp 10 Juta

Menurutnya, Manggis dan Kakao sangat berpotensi dan secara teknis masih dalam proses pengkajian studi. Artinya, melihat proses penanganan dan melihat kandungan apa yang boleh dan tidak boleh dari buah manggis oleh para pakar. “Setelah dari hasil pengkajian, nantinya para pakar akan memberi rekomendasi sehingga masyarakat mengetahui mengapa sementara ini manggis belum bisa masuk Australia,” ujarnya. 

Emil mengaku, peluang kerjasama di sektor holtikultura sangat terbuka. Selain Sumber Daya Alam yang cukup, Katalis mau membuka diri terhadap Jatim untuk melangsungkan studi secara khusus terkait komoditi manggis melalui forum semacam ini.  

“Jadi, nanti akan kita identifikasi dan matangkan untuk sentra-sentranya agar manggis bisa menjadi buah tropis yang bisa kita ekspor ke Australia,” tuturnya.  



Dikutip dari berbagai sumber

Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.