Menguat 20 Poin, Rupiah Bertengger di Rp14.999 per USD

Menguat 20 Poin, Rupiah Bertengger di Rp14.999 per USD
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru



EN.BADAKSATU.COM – Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 20 poin di level Rp 14.999 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Jumat (15/7/2022). 

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan salah satu faktor pemicu melemahnya mata uang garuda ini, karena banyak negara Eropa berada di ambang kekacauan ekonomi, dengan inflasi yang meroket.

“Dalam beberapa bulan terakhir, masalah ekonomi yang dihadapi Eropa berulang kali menjadi berita utama. Ini terjadi karena ekonomi Eropa menghadapi lonjakan inflasi pada komoditas mulai dari gas, mobil hingga makanan,” terang Ibrahim dalam rilis hariannya, Jumat (15/7/2022).

Lebih lanjut kata dia, inflasi tersebut terjadi karena pasokan energi dari Rusia berkurang di tengah konflik Rusia-Ukraina. Secara khusus, Rusia telah mengurangi aliran gas ke Eropa selama konflik, sementara para pemimpin Uni Eropa juga dilaporkan berencana untuk memblokir sebagian besar impor minyak Rusia pada akhir tahun 2022. 

Kendati demikian, menurut Ibrahim dalam kondisi seperti itu, Indonesia justru mendapat berkah mengingat RI adalah salah satu negara penghasil komoditas terbesar di dunia. 

“Indonesia salah satu negara penghasil komoditas terbesar di dunia mendapat berkah dengan bencana tersebut. Ada 10 negara eropa yang minta kiriman batubara dari Indonesia dan yang terbesar quotanya adalah German sebesar 1 juta ton dalam 1 tahun,” terangnya.

Sehingga dengan meningkatnya ekspor komoditas unggulan Indonesia salah satunya Batubara, Timah, CPO dan Nikel membuat neraca dagang Indonesia (NPI) kembali mencetak surplus pada periode Juni 2022. 

Lebih lanjut dia memprediksi, untuk perdagangan pekan depan, Senin (18/7) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 14.980 – Rp 15.030. (RRD)

Read More
Read More :  4 Jenis Investasi yang Diminati Kaum Milenial



Dikutip dari berbagai sumber

Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.