Fungsi Huruf S pada Mobil Matic, Para Pemula Wajib Tahu Penjelasan Ini!

Fungsi Huruf S pada Mobil Matic, Para Pemula Wajib Tahu Penjelasan Ini!
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


Fungsi huruf S pada mobil matic harus kita ketahui secara bersama-sama. Sebab, tidak semua orang sudah memahami dan mengetahuinya.

Read More

S alias Sport sendiri merupakan posisi gigi yang berguna saat pengendara membutuhkan akselerasi sedikit ketika mendahului kendaraan lain.

Mengingat bahwa cara untuk pindah gigi mobil matic ini sebenarnya cukup berbeda daripada mobil manual. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil juga sudah harus tahu sebenarnya apa kegunaan dari simbol S pada mobil tersebut.

Baca Juga: Cara Mengendarai Mobil Matic di Tol dengan Aman Tanpa Hambatan

Fungsi Huruf S pada Mobil Matic yang Harus Anda Ketahui dan Pahami

Ketika Anda mengendarai kendaraan roda empat, tentu sudah tidak asing lagi dengan sejumlah tombol dan kode pada mobil tersebut.

Tak terkecuali pada jenis mobil matic, sebab mobil ini akan memiliki beberapa kode dengan angka ataupun huruf yang harus Anda pahami.

Read More :  Arus Balik Padat, Menhub Anjurkan Masyarakat Tunda Perjalanan ke Jabotabek

Nah, tujuan dari memahami sejumlah kode-kode tersebut adalah supaya Anda tidak salah langkah ketika akan mengendarainya. Jadi salah satu simbol yang tersemat dalam mobil adalah huruf S (2).

Meski demikian, tidak hanya ada huruf S saja yang harus Anda pahami akan fungsi dan kegunaannya. Melainkan sejumlah kode lain dalam mobil juga penting untuk Anda ketahui pula.

Baca Juga: Penyebab Mobil Matic Nyentak Pemilik Kendaraan Tentu Wajib Tahu!

Kegunaan Huruf S atau Angka 2

Salah satu fungsi huruf S pada mobil matic gigi tertinggi pada bagian gigi 2. Jadi saat posisi transmisi otomatis, maka angka 2 ini bisa untuk engine brake pada beberapa jalan yang menurun tajam.

Selain pada jalanan menurun, juga bisa digunakan ketika sedang naik tanjakan yang cukup curam. Pasalnya pada beberapa mobil transmisi matic akan ada angka 2 pada bagian bawah huruf D dan 3 pada bagian sebelahnya.

Angka itu dibaca 3D dengan arti untuk memerintahkan mesin agar membatasi rasio sampai gigi 3 saja. Sementara S (Second) atau 2 ini berguna saat mobil melalui jalan tanjakan maupun turunan.

Read More :  Saatnya Pemerintah Beralih ke Kendaraan Listrik

Baca Juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Pindah Gigi pada Mobil Matic?

Salah satu kelebihan dari mobil matic daripada mobil manual adalah tak akan ada perpindahan gigi 1, 2, 3, 4, serta persneling. Sehingga Anda akan lebih fokus untuk menginjak pedal gas dan rem-nya saja.

Ketika mobil matic melaju pada jalan yang datar, pastikan dulu bahwa tugas sudah berada pada kode D. Anda juga tidak harus selalu mengganti-gantinya selama sedang melaju.

Akan tetapi apabila Anda menemui jalan menanjak, maka pindah gigi mobil matic ini dapat Anda lakukan supaya akselerasinya menjadi lebih baik.

Berbeda lagi dengan mobil manual saat melewati tanjakan, maka membutuhkan keterampilan khusus. Pengendara harus bisa menyeimbangkan gas serta kopling supaya mobil tidak kembali mundur.

Nah, setelah Anda mengetahui sejumlah fungsi huruf S pada mobil matic, mungkin kini Anda bisa lebih paham lagi akan kegunaannya. (R10/HR-Online)

Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Read More :  Aturan Emisi Semakin Ketat, Suzuki Jimny Bakal Memiliki Opsi Hybrid

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.