Jawab Tuntutan Masyarakat, Korlantas Polri Permudah Layanan Perpanjangan SIM

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi digital Korlantas Polri untuk mempermudah pengurusan administrasi secara online.
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru


EN.BADAKSATU.COM – Tuntutan masyarakat di era revolusi industri 4.0 yang sekarang meningkat menjadi 5.0 adalah mendapatkan pelayanan cepat, mudah, dan bisa diakses melalui gadget atau smartphone.

Read More

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo mengatakan program ini diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat menjabat. Yaitu mempersiapkan program prioritas Kapolri.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi digital Korlantas Polri untuk mempermudah pengurusan administrasi secara online.

“Termasuk pada saat kita sedang mengalami pandemi COVID-19 yang parah. Ini menjadi latar belakang mengapa kami menyiapkan layanan yang lebih mudah, cepat, bisa di mana saja, kapan saja dan bisa diakses masyarakat. Lebih mempermudah, transparan, itu yang kami lakukan,” kata Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo dikutip dari NTMC Polri.

Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo menambahkan, program ini sudah terlaksana di kantor Satpas, Gerai SIM, Layanan SIM keliling di seluruh Provinsi, Kota maupun Kabupaten. Untuk yang online telah disiapkan dengan aplikasi SIM Nasional Presisi. Seluruh pelayanan untuk memperpanjang masa berlaku SIM A dan C.

Read More :  Kelangkaan BBM Jangan Sampai Ganggu Mudik

Baca Juga:
Choi Duk Jun Apresiasi Pelanggan Mercedes-Benz Atas Kerelaan Menunggu

“Untuk SIM Internasional dengan website, kami sudah online lebih dulu dibandingkan SIM Nasional Presisi, di 2020 sudah online untuk layanan SIM Internasional. Jadi masyarakat tidak harus datang ke Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri, tapi mereka bisa mendaftar lewat gadget masing-masing,” tambahnya.

Biaya pengurusan sudah tertera di luar biaya kesehatan dan tes psikologi di daerah atau wilayah tertentu. Pemohon hanya membayar PNBP. Sedangkan untuk SIM yang habis masa berlakunya menurut PERPU No.5 tahun 2021 menggunakan proses penerbitan SIM baru dengan datang ke kantor Satpas.

“Bapak Kapolri juga sudah menyiapkan layanan satu atap untuk seluruh aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Namanya Polri Super App, aplikasi SINAR juga bergabung di sana,” kata Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo.

Baca Juga:
Pengendara Pemula Ingin Menikmati Aktivitas Bersepeda Motor? Simak Dahulu Tips Ini

“Kami harap bagi pengemudi yang sudah memiliki SIM harus betul-betul memperlihatkan kompetensinya sehingga di harapkan tidak ada lagi orang yang memiliki SIM itu melanggar dan selalu taat melakukan perpanjangan SIM atau terutama perpanjangan SIM yang 5 tahun tepat waktu,” tandasnya.

Read More :  Kawasaki Ninja ZX-10R KRT Edition Tampil Baru, Cek Harganya!



Dikutip dari berbagai sumber
Published for : Team Badak Satu

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.